Thursday, June 15, 2017

Jenis-jenis Nutrisi Yang di Butuhkan Tiroid

Jenis-jenis Nutrisi Yang di Butuhkan Tiroid



Makanan yang kita konsumsi sehari-hari sangatlah berperan penting bagi kesehatan. Apalagi bagi seseorang yang mengalami kanker tiroid perlu sekali untuk memerhatikan dan memilah asupan makanan yang masuk kedalam tubuh. Berikut ada beberapa jenis-jenis nutrisi yang dibutuhkan triod yang berguna agar tiroid berfugsi dengan optimal, yaitu :

  • Yodium .  Fungsi yodium bagi tubuh manusia adalah untuk menjaga kinerja bagi kelenjar tiroid. Jika tubuh manusia kekurangan yodium, maka kinerja kelenjar tiroid akan semakin berat. Yodium dapat dengan mudah ditemukan dalam makanan sehari-hari,seperti produk susu, makanan laut, roti, sayur-mayur, telur, dan garam.
Tapi jangan berlebihan mengkonsumsinya, karena terlalu banyak yodium juga dapat menyebabkan masalah tiroid dan membuat gejala menjadi lebih buruk.

  • Selenium. Selenium diperlukan oleh tubuh kita dalam jumlah yang sangat kecil untuk melakukan fungsi dalam metabolisme terutama fungsi kelenjar teroid. Mineral ini tidak dapat dapat diproduksi oleh tubuh kita. Untuk memperolehnya kita bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan, seperti telur, kerang, daging merah, ikat laut, kembang kol, almond, jagng, tomat, tempe youghurt 
  • Omega 3 .Sumber makanan seperti ikan tuna, ikan salmon, makarel, haring, ikan sarden, tenggiri, minyak kanola, walnut, kacang kenari, kacang kedelai, alpukat, bayam dll. Senyawa ini membantu meingkatkan kepekaan sel-sel untuk hormon tiroid.

  • Seng, tembaga dan zat besi Makanan- makanan yang mengandung mineral antara lain kacang- kacangan seperti kacang mete dan kedelai, kemudian sayur- syuran seperti bayam, seledri, dan kubis.
  • Minyak kelapa.  Minyak kelapa dapat meningkatkan fungsi tiroid dengan membantu meningkatkan metabolisme. Minyak kelapa juga dapat mempengaruhi hormon positif terhadap tiroid dan mengontrol gula darah.
  • Antioksidan. Kerusakan radikal bebas di dalam tubuh dapat dikaitkan dengan peningkatan hormon tiroid. Makanan yang banyak mengandung anti oksidan kacabf-kacangan, buah berrie, brokoli, kubis, kol sawi, lobak, bawang putih, bawang merah, vitamin A, B, C dan E dan lain sebagainya.


No comments:

Post a Comment